Analisis ini bertujuan untuk melihat kualitas dan kinerja oli trafo. Dari hasil analisis dapat direkomendasikan tindakan yang harus dilakukan untuk perawatan trafo, termasuk dalam menentukan waktu filtrasi/reklamasi oli trafo. Analisis yang dilakukan diantaranya sebagai berikut :
Kandungan Air
air dalam oli trafo dapat berasal dari sumber eksternal seperti dari kelembapan udara dan air bebas atau dari sumber internal, dimana air dihasilkan dari kertas isolasi. Adanya air yang terlarut dalam oli dapat mempengaruhi breakdown voltase oli (kandungan air berbanding terbalik dengan breakdown voltase) dan mempercepat kerusakan kertas isolasi.
Breakdown Voltage
analisis ini menentukan kemampuan oli dalan menahan tegangan listrik. Adanya zat terlarut dan partikel padat dalam oli dalam jumlah banyak akan mengurangi breakdown voltase dalam oli
Kandungan asam total
analisis ini menentukan konsentrasi konstituen asam atau kontaminan-kontaminan yang terkandung dalam oli trafo. Jika dihubungkan dengan pengujian lainnya, hasil analisis dapat digunakan untuk menentukan kapan oli trafo harus di reklamasi atau diganti.
Tegangan asam total
hasil analisis ini dapat menunjukkan tingkat oksidasi dan memburuknya kondisi oli serta kemungkinan terjadinya sludge pada oli.